/DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Guna memastikan kesiapan Desa Kunyil dalam pemanfaatan website desa, tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau, Rabu 16 September -17 September 2020 telah melakukan pendampingan pemanfaatan website desa di Desa Kunyil, Kecamatan Meliau. Sehingga tim dari Bidang E-Government Dinas Kominfo melakukan pertemuan langsung dengan Kepala Desa Kunyil dan staf desa tentang pemanfaatan dengan adanya website desa sebagai layanan berbasis teknologi informasi, serta menjelaskan fungsi-fungsi konten yang ada di website.

“Kami selaku tim dari Dinas Kominfo menjelaskan syarat-syarat yang dibutuhkan sebagai acuan untuk membangun website Desa Kunyil dan akan dilakukan penunjukkan operator website yang ditugaskan sebagai admin untuk mengupdate setiap hari konten atau informasi-informasi (Data) desa ke dalam website. Kemudian Mendemokan atau memaparkan Prototype awal tampilan website desa, serta melakukan pelatihan dasar atau tata cara proses update sistem dari website desa tersebut,” jelas Sekdis Kominfo, Ade Wawan Januardi.

Ia juga katakan website Desa Kunyil akan di manfaatkan sebagai sarana informasi online atau layanan publik resmi desa untuk masyarakat.

“Secara garis besar, website desa ini akan digunakan untuk memberikan informasi seputar desa. Sehingga siapapun yang mencari informasi tentang desa bisa mengakses website desa, seperti misalnya struktur organisasi desa, anggaran tahunan desa, hingga berbagai event yang diadakan di desa,” ujarnya.

Selain sebagai sarana informasi publik, lanjut Ade Wawan, website desa juga bisa digunakan sebagai media promosi memperkenalkan potensi desa yang mungkin belum banyak diketahui orang.

“Hal ini bisa memberi dampak ekonomi terhadap desa. Terutama apabila desa memiliki destinasi wisata yang dapat mendatangkan banyak wisatawan ke desa ini. Rencana tindak lanjut dari hasil pendampingan pemanfaatan website desa di Desa Kunyil Kecamatan Meliau ini, kami dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau akan mendampingi proses perancangan website, sehingga nantinya dari desa akan menyiapkan syarat-syarat administrasi yang diperlukan untuk proses registrasi nama domain yang akan di daftarkan ke layanan domain desa.id milik Kementerian Kominfo RI. Pendaftaran nama domain desa.id untuk Desa Kunyil di rencanakan penamaan domainnya yaitu http://kunyil.desa.id, proses tersebut akan segera di tindaklanjuti oleh Dinas Kominfo Sanggau sampai website Desa Kunyil terdaftar di kementerian agar website tersebut segera online dan bisa di akses masyarakat,” tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *